Lewat Puisi, KaMu Indonesia Berjuang Melawan Kekerasan Seksual | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Lewat Puisi, KaMu Indonesia Berjuang Melawan Kekerasan Seksual

Ceknricek.com -- Katalisator Muda (KaMu) Indonesia berkolaborasi dengan Sindikat Komuniti serta didukung Kopi Bang Prend Kemang bertekad untuk melawan kekerasan seksual yang terjadi di Tanah Air.

Untuk mewujudkan hal tersebut KaMU Indonesia dan Sindikat Komuniti menggelar malam puisi bertajuk Lentera Kata: Kekerasan Seksual di Jakarta pada Jumat (28/8/20) malam.

Penasehat dari Katalisator Muda (KaMu) Indonesia, Rahmat Ginanjar mengatakan inti acara tersebut ingin mengajak anak muda untuk bangkit bersama melawan kekerasan seksual yang terjadi melalui sajak-sajak puisi.

“Urgensinya untuk menciptakan anak muda sebagai katalis perubahan dalam bidang kekerasan sangat diperlukan, melihat banyaknya kasus yang terjadi di seluruh Indonesia,” kata Rahmat.

Selain itu, bebarengan dengan HUT KaMu ke-2 ini mereka juga tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti, penggunaan masker, hand sanitizer dan jaga jarak) dalam pembacaan puisi oleh 52 anak muda itu.

Lewat Puisi, KaMu Indonesia Berjuang Melawan Kekerasan Seksual
Sumber: Istimewa

“Ini sekaligus untuk meningkatkan pemahaman mengenai konflik dan kekerasan. Makanya, KaMu mengambil peran dalam pembentukan jiwa kreatif anak muda demi memajukan ekonomi kreatif Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Bertahanlah di Rumah, Kolaborasi Baca Puisi Puluhan Seniman Terkait Pandemi

Sementara itu, Founder & Executive Director Katalisator Muda (KaMu) Indonesia, Randa Sandhita menambahkan pihaknya berusaha menyebarkan pemahaman yang mumpuni guna menyelesaikan konflik di kehidupan sehari-hari agar tidak dijadikan tren oleh para pemuda agar terlihat keren.

“KaMu berkomitmen akan memerangi semua itu dengan pendekatan-pendekatan yang inklusif terhadap anak muda Indonesia,” katanya.

Sejauh ini menurut Randa dalam dua tahun terakhir lebih dari 3500 anak muda di seluruh Indonesia telah mendapatkan pelatihan yang intensif dari Katalisator Muda Indonesia perihal penanganan konflik dan kekerasan.

“Diharapkan dengan adanya perluasan organisasi pemuda ini di beberapa provinsi di Indonesia, dapat membantu 100 ribu pemuda Indonesia dalam memerangi kekerasan di tahun berikutnya,” tambahnya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait