Pemprov DKI: Polusi Udara di Jakarta Bisa Ditekan 50-90 % Jika Beralih ke Transportasi Publik | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Pemprov DKI: Polusi Udara di Jakarta Bisa Ditekan 50-90 % Jika Beralih ke Transportasi Publik

Ceknricek.com -- Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) Ahmad Saifudin mengatakan, polusi udara di Jakarta bisa ditekan hingga 50-90% jika warga Jakarta meninggalkan kendaraan pribadinya, dan beralih transportasi publik.

Hal ini juga senada dengan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yang dirancang oleh Pemprov DKI Jakarta. Yakni, Pengendalian Pencemaran Udara dan menyusun "Roadmap Jakarta Cleaner Air 2030" tentang Pengendalian Pencemaran Udara dengan 14 Rencana Aksi. Salah satunya adalah pengembangan transportasi umum ramah lingkungan dan penerapan Uji Emisi kendaraan bermotor.

"Adanya persediaan transportasi massal yaitu Transjakarta, MRT dan LRT termasuk dalam roadmap Jakarta Cleaner Air 2030," ujar Ahmad dalam Seminar "Jakarta Menuju Transportasi Berkelanjutan", Jumat (22/11) di Gedung Joang, Jakarta Pusat.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Ia mengatakan kampanye dalam penggunaan transportasi massal juga terus disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sejak 2 tahun kepemimpinannya diklaim terjadi peningkatan signifikan dalam hal okupansi angkutan massal sejak 2017. Bahkan menggagas transportasi terintegrasi dengan menghadirkan konsep JakLingko dengan satu kali bayar untuk semua moda transportasi. Jaklingko tak hanya mengintegrasikan angkot dan Transjakarta, tapi juga terintegrasi dengan moda transportasi lain berbasis rel, seperti light rail transit (LRT) dan mass rapid transit (MRT)," kata Syafrin.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Dishub DKI: Parkir Liar Akan Ditilang Gunakan CCTV "Analytic"

Syafrin mengatakan Dinas LHK DKI Jakarta, juga mencatat sumber polusi terbesar berasal dari transportasi darat sebesar 75%. Menurutnya tak bisa dipungkiri,  Jakarta sebagai kota metropolitan yang sekaligus juga pusat perekonomian dan perdagangan mengalami permasalahan yang cukup rumit dalam bidang transportasi.

"Tiap hari kerja, kemacetan di DKI Jakarta sangat memprihatinkan. Peningkatan volume kendaraan dan arus lalu lintas yang sangat pesat menuntut pula peningkatan prasarana transportasi. Jika tidak cepat ditanggulangi, maka kemacetan di Jakarta akan semakin parah, Transportasi publik menjadi salah satu cara untuk menekan polusi udara di Jakarta," terang Syafrin.

Sumber: Istimewa

Melalui seminar "Menuju Jakarta Transportasi Berkelanjutan", Pemprov DKI setidaknya menegaskan bahwa tuntutan hadirnya transportasi massal harus ditunjang dengan kualitas yang hemat energi serta bebas polusi. "Jakarta dapat memberikan pelayanan transportasi massal yang bebas dari polusi udara dan memberi kenyamanan udara pada warganya," tutup Syafrin.

Hadir dalam diskusi seminar ini, Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono, Dirut PT MRT,  William P. Sabandar, Kadis Cipta Karya DKI Jakarta, Heru Hermanto.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait