Satgas COVID-19 Daerah Harus Lebih Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan | Cek&Ricek
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: mpr.go.id)

Satgas COVID-19 Daerah Harus Lebih Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Ceknricek.com -- Demi mencegah peningkatan jumlah kasus positif COVID-19, pemerintah daerah bersama Satuan Tugas Penanganan COVID-19 daerah harus lebih meningkatkan lagi penegakan disiplin protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jakarta, Rabu, (21/10/20) menanggapi pertambahan kasus harian pasien corona yang lumayan tinggi pada hari ini.

“Mendorong pemda bersama Satgas COVID-19 untuk meningkatkan kedisiplinan aparat pemda dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun serta memastikan ketersediaan fasilitas yang mendukung di tempat-tempat yang terjangkau,” ujar Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga menyoroti beberapa pemerintah daerah yang mulai abai dengan protokol kesehatan. Ia juga meminta pemerintah pusat menegur dan mengingatkan kembali daerah-daerah tersebut akan bahaya COVID-19.

“Di samping mengevaluasi kondisi meningkatnya kabupaten dan kota yang berubah dari status zona kuning yaitu wilayah dengan risiko penularan rendah menjadi zona jingga yakni daerah dengan risiko penularan COVID-19 yang sedang,”papar dia.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, menurut Bamsoet harus berjuang mengembalikan kondisi wilayah yang sebelumnya berada zona kuning dan hijau berpindah ke zona jingga agar kembali ke zona yang memiliki tingkat penularan COVID-19 yang lebih rendah.

Bambang Soesatyo mendorong pemerintah daerah dan masyarakat untuk memperhatikan lagi dampak COVID-19 terhadap kondisi kesehatan pribadi dan lingkungan sehingga semua patuhi protokol kesehatan.

“Jangan merasa bahwa situasi sudah aman dan merasa nyaman sehingga mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan COVID-19,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Kasus Positif Turun 6,7 Persen, Ini Kata Ketua Satgas COVID-19

Baca juga: Satgas COVID-19: Para Santri Bisa Berperan Jadi Duta Perubahan Perilaku


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait