Satgas COVID-19 Luncurkan Buku Pedoman Perubahan Perilaku | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Satgas COVID-19 Luncurkan Buku Pedoman Perubahan Perilaku

Ceknricek.com -- Sudah hampir tujuh bulan pandemi COVID-19 merebak. Namun masih ada sekitar 17 persen atau 45 juta warga Indonesia yang masih sangat yakin dirinya tidak akan tertular virus corona.

Hal ini menjadi pekerjaan berat bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan COVID-19. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sebagai penanggung jawab dan pelaksana upaya memerangi corona memandang perlu menyusun buku panduan. 

Dalam talkshow daring yang berlangsung di Media Center BNPB Jakarta, Jumat (16/10/20) kemarin, Satgas COVID-19 meluncurkan buku panduan bertajuk Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19. Peluncuran buku pedoman tersebut dihadiri Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Sekda Jatim Heru Tjahyono.

Buku tersebut menurut Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny B Harmadi menyajikan konsep dasar, strategi dan sasaran perubahan perilaku serta organisasi pelaksana pendukungnya.

“Persepsi kita tentang perubahan perilaku itu bermacam-macam. Akhirnya kita putuskan persepsi perubahan perilaku ini harus sama, terutama para pengambil kebijakan,”papar Sonny.

"Dalam pedoman perubahan perilaku ini, kita menjelaskan pengertian dan maksudnya. Apa sih perubahan perilaku, apa dampaknya dan apa prasyarat terjadinya perubahan perilaku,”lanjut dia.

Sonny menjelaskan bahwa perubahan perilaku yang dimaksudkan adalah kepatuhan total terhdap protokol kesehatan. “3M itu vaksin yang terbaik saat ini,” ujarnya.

Dalam penyusunan buku pedoman tersebut, Satgas COVID-19 melibatkan para ahli mulai dari dokter, ahli kesehatan masyarakat, psikolog, sosiolog bahkan pakar bahasa juga dilibatkan.

“Karena ternyata begini, bagaimanapun juga bahasa itu penting dalam media berkomunikasi. Orang menjadi paham kalau disampaikan dengan bahasa yang tepat,” papar Sonny B Harmadi.

Buku ini hasil diskusi dengan para ahli lintas ilmu dan masukan dari Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo dan saat ini buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19 siap diedarkan.

Pesan pemerintah, ingatlah orang-orang tercinta agar terhindar Covid dengan jalan selalu pakai masker, jaga jarak aman dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Juga jangan lupa berdoa dan bertawakal kepada Tuhan. 

Baca juga: Menimbang Efektivitas Jurus 3W Satgas COVID-19

Baca juga: Ketua Satgas COVID-19 Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait