Sempat Bertemu Said Aqil, Mahfud MD Bakal Jalani Tes Usap COVID-19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Mahfud MD, Menko Polhukam (polkam.go.id)

Sempat Bertemu Said Aqil, Mahfud MD Bakal Jalani Tes Usap COVID-19

Ceknricek.com -- Infeksi COVID-19 yang dialami Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj membuat sejumlah orang yang pernah melakukan kontak dengannya harus menjalani tes usap untuk memastikan apakah mereka ikut tertular atau tidak.

Di antara beberapa orang yang sempat bertemu dengan Kyai Said Aqil terdapat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Lewat akun twitternya @mohmahfudmd pada Senin, (30/11/20) Mahfud MD menyatakan akan melakukan tes usap COVID-19 setelah bertemu dengan Ketum PBNU yang sudah terkonfirmasi positif corona.

“Ketum PBNU dan Ketua PP Muhammadiyah pada Kamis, (26/11/20) pukul 14.30 WIB saya ngobrol dengan Ketum PBNU KH Aqil Siroj di Kantor PBNU. Minggu (29/11/20) pagi beliau mengabarkan dirinya terinfeksi COVID-19,” cuit Mahfud di Jakarta.

Ia melanjutkan dirinya sempat kontak Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir untuk bersilaturahmi. Namun permintaan itu secara halus ditolak lantaran Haedar Nashir ingin melakukan isolasi mandiri.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI NURUL ARIFIN

“Kamis sore (26/11/20) saya kontak Ketua PP Muhammadiyah Pak Haedar Nashir. Saya ingin silaturahim. Beliau minta tidak ditemui dulu karena beliau baru kontak dengan orang yang kemudian dinyatakan positif COVID-19. Khawatir terjadi penularan. Kami Pun sepakat bicara via telepon cukup lama pada malam harinya,” lanjut dia.

Mahfud MD menjelaskan KH Said Aqil Siroj menyarankan kepadanya untuk melakukan tes usap karena tiga hari sebelumnya mereka bertemu dan mengobrol.

“Saya pun segera swab (tes usap, red),” ujarnya.

Secara khusus Menko Polhukam memberi hormat kepada kedua pimpinan puncak ormas Islam terbesar di Tanah Air ini karena selain menjaga dirinya sendiri juga menjaga orang lain dari bahaya COVID-19.

“Keduanya terbuka memberitahu tentang serangan/ancaman COVID-19 pada dirinya dan meminta orang lain yang berinteraksi untuk memeriksa dirinya atau tidak menemuinya dulu,” puji Mahfud MD.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj meminta doa dari masyarakat untuk kesembuhan dari COVID-19. Hal itu disampaikan sekretaris pribadinya Sofwan Erce di Jakarta.

“Atas arahan beliau kami diminta menyampaikan kabar ini dengna harapan dan memohon doa dari bapak ibu khususnya masayikh menjalani masa penyembuhan ini,” katanya.

Hasil tes usap PCR Kyai Said menunjukkan positif dan saat ini dalam keadaan yang baik. Ketum PBNU saat ini sedang menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Menurut Sofwan Erce, dalam beberapa kesempatan Kyai Said berpesan kepada masyarakat bahwa COVID-19 bukanlah aib dan buruk

“Bisa menimpa siapa saja dari latar belakang apa saja. Mari jaga pesan beliau bagi warga NU khususnya tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca juga: Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Terkonfirmasi Positif COVID-19

Baca juga: Mahfud MD: Pemerintah Sesalkan Pelanggaran Protokol Kesehatan di Jakarta



Berita Terkait