WHO Segera Dalami Varian Baru COVID-19 di Inggris | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Logo WHO (who.org)

WHO Segera Dalami Varian Baru COVID-19 di Inggris

Ceknricek.com -- Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) terus mendalami varian baru COVID-19 yang kini melanda Inggris. Varian virus corona baru itu dinyatakan tingkat penyebarannya lebih cepat.

Dalam pernyataan kepada Reuters yang dipantau di Jakarta, Senin, (21/12/20) pejabat WHO mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus corona varian baru tersebut.

“Kami terus berkoordinasi dengan pejabat Inggris. Mereka akan berbagi informasi dan hasil analisis terkait virus tersebut yang kini sedang berlangsung. Kami akan memberikan perkembangan terkini kepada negara-negara anggota dan masyarakat setelah kami mendapatkan gambaran yang jelas mengenai karakteristik varian ini,” papar pejabat WHO.

Akibat penyebaran varian virus corona baru tersebut, sejumlah negara di Eropa seperti Belgia, Italia, Belanda dan Perancis memberlakukan pembatasan perjalanan dan penerbangan dari serta ke Inggris.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI SURYOPRATOMO

Pihak WHO meminta masyarakat untuk secepatnya melakukan tindakan pencegahan.

“Untuk sementara, kami mengimbau masyarakat agar melakukan semua tindakan pencegahan penyebaran COVID-19 dan mematuhi pedoman otoritas negara masing-masing,” imbau WHO.

Sementara itu, Italia menemukan satu pasien yang terinfeksi varian baru virus corona, yang juga terdeteksi di Inggris, menurut Kementerian Kesehatan pada Minggu (20/12).

Pasien bersama rekannya baru saja kembali dari Inggris beberapa hari lalu. Mereka menggunakan penerbangan yang mendarat di bandara Fiumicino Roma dan kini keduanya menjalani isolasi, lapor kementerian.

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan melalui #pesanibu yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak guna mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: WHO Sebut Kasus COVID-19 Masih Mengganas di Sejumlah Negara

Baca juga: Satgas COVID-19 Pastikan Vaksin Aman dan Sesuai Rekomendasi WHO



Berita Terkait