5 Ribu Personel Gabungan Amankan Demo Pembebasan Rizieq Shihab | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Ilustrasi: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus/RMOL

5 Ribu Personel Gabungan Amankan Demo Pembebasan Rizieq Shihab

Ceknricek.com -- Aksi unjuk rasa bertajuk 1812 bakal digelar disekitar Istana Negara hari ini, Jumat (18/12/20) di Jakarta Pusat. Sebanyak lima ribu personel gabungan dikerahkan Polda Metro Jaya untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa ini.

"Untuk kekuatan ada lima ribu personel kita turunkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (18/12/20).

Personel gabungan itu terdiri dari TNI-Polri dan unsur dari pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dishub, hingga Damkar. Selain itu, ada sebanyak 7.500 personel cadangan yang disiapkan diluar dari 5.000 personel tersebut.

"Ada 7.500 yang kita siapkan cadangan. Cadanganya di mana? di Monas, di DPR juga di Polda serta di batalion-batalion oleh tentara," beber Yusri.

Massa dari Front Pembela Islam (FPI) dan elemen lain yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni (PA) 212 berencana menggelar aksi unjuk rasa besok disekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Tuntutan mereka berkaitan dengan penahanan pimpinan mereka Habib Rizieq Shihab (HRS) hingga kasus tewasnya enam laskar khusus mereka.

Meski sudah berencana menggelar aksi unjuk rasa, Polda Metro Jaya dengan tegas menyebut pihaknya tidak akan mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) terkait demo tersebut. Artinya, Polda Metro tidak mengizinkan adanya aksi demo tersebut.

Artikel ini merupakan kerjasama antara redaksi Ceknricek.com dan kantor berita RMOL.ID

Baca juga: Pengacara Habib Rizieq Ajukan Praperadilan

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil: Usut dan Hentikan Praktik Brutalitas dan Extra Judicial Killing oleh Kepolisian



Berita Terkait