Sumber: Elenamartinez

8 Misteri Hidup Sutradara Alfred Hitchcok

Ceknricek.com -- Tepat tanggal hari ini, 13 Agustus 120 tahun lalu, Alfred Hitchcock, sutradara film yang sukses mempopulerkan genre suspense dan psychological thriller lahir di Leytonstone, Essex, Inggris.

Sineas yang mendapat julukan The Master of Suspense ini termasuk sutradara yang sangat produktif. Selama 6 periode kariernya, Hithcock setidaknya telah membuat 53 film. 

Selain itu, sejak mulai berkarya sebagai penulis pada 1921 dengan karya-karyanya yang tidak jauh dari kekerasan, pembunuhan, dan kriminal kehidupan Hitchcock juga menyimpan banyak misteri.

Sumber: Profoto

1. Salah satu film Hitchcock rencananya akan diproduksi di Disneyland. Namun rencana tersebut ditolak Disney yang beranggapan kalau film Hitchcock yang berjudul Psycho terlalu sadis.

2. Hitchcock banyak mendapatkan penghargaan untuk karya filmnya. Ia telah mendapatkan penghargaan Golden Globes bahkan pernah menjadi simbol perangko pada 1988. Tapi nyatanya ia tidak pernah menang Academy Awards meski telah menjadi nominasi Best Director selama lima kali.

Sumber: the Independent

Baca Juga: Akira Kurosawa Inspirator Sutradara Dunia

3. Hitchcock sangat melindungi karyanya. Untuk melindungi haknya, ia membeli hak cipta lima filmnya, termasuk film berjudul Rear Window dan Vertigo. Sejak dibeli hak ciptanya, Hitchcock melarang film-film itu untuk tayang di bioskop selama 30 tahun ke depan.

4. Hitchock pernah berniat membeli semua cetakan novel Psycho agar semua orang tidak tahu bagaimana akhir cerita di filmnya. Ia juga mewanti-wanti agar semua orang yang ikut produksi film itu menutup mulut tentang akhir cerita hingga film tayang. 

Sumber: Wikimedia

5. Hitchcock menempuh pendidikan bidang teknik di St. Ignatius College di London. Setelah lulus ia sempat bekerja di perusahaan kabel listrik Henley. Lalu ia mulai keasyikan menulis. Perkenalannya dengan film ketika bergabung dengan Famous Players-Lasky Company yang sedang membuat film bisu.

6. Saat menang penghargaan Lifetime Achievement pada 1979, ia bergurau kalau akan segera meninggal. "Penghargaan ini membuatku merasa sebentar lagi akan meninggal dunia," kata Hitchcock. Sayangnya, setahun setelah acara penghargaan tersebut, Hitchcock benar meninggal dunia.

7. Walau membuat takut semua orang dengan semua plot di buku dan filmnya, Hitchcock sendiri ternyata merupakan sosok yang penakut. Selain takut dengan polisi, ia takut dengan sebutir telur apalagi yang sudah pecah. Tapi yang paling aneh, Hitchcock mengaku kalau ia takut menonton filmnya sendiri. "Saya tidak pernah menonton film saya dan tidak mengerti mengapa orang-orang berani menontonnya," kata Hitchcock. 

Sumber: The Telegraph

8. Sepanjang kariernya film Hitchcok merupakan warisan penting bagi dunia dan berpengaruh besar terhadap perkembangan sinema. Saking besar penagruhnya bahkan kritikus di dunia hingga saat ini sering menyematkan kata ‘Hitchcockian’ sebagai terminologi untuk sebuah adegan atau filem yang memiliki plot atau estetika serupa dengan filem-filem Alfred Hitchcock.

Dikutip dari BBC, sembilan film bisu karyanya yang telah direstorasi juga kembali ditayangkan perdana di British Film Institute (BFI) beberapa tahun lalu. Kini film-film itu pun masuk dalam daftar warisan budaya Inggris, alias masuk daftar UNESCO.Film-film tersebut diantaranya adalah film pertamanya yang berjudul Pleasure Garden dan drama tentang tinju The Ring.

BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait