Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Kado Istimewa Buat Kita | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Instagram@Tantowiyahya

Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Kado Istimewa Buat Kita

Ceknricek.com -- Indonesia baru saja terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022. Hal ini merupakan kado istimewa buat kita semua, bukan hanya karena terjadi menjelang berakhirnya pemerintahan Jokowi-JK, namun juga karena membawa sejumlah arti penting bagi Indonesia.

Terpilihnya Indonesia terasa begitu manis karena kepercayaan ini diberikan oleh 174 anggota PBB, jumlah yang tertinggi di antara kandidat lainnya dari kawasan Asia Pasifik.

Dari perolehan tersebut, jelas terlihat bahwa dunia begitu mengharapkan peran aktif Indonesia untuk meningkatkan kualitas HAM di tingkat global. Apresiasi yang tinggi patut dialamatkan kepada Ibu Menlu Retno L.P. Marsudi yang berhasil memimpin segenap diplomat Indonesia untuk meraih kemenangan dalam dua pemilihan badan elit di PBB, yakni Dewan Keamanan dan Dewan HAM. Ini prestasi besar yang merupakan hasil kerja sama antara instansi Kemlu dan segenap perwakilan RI di luar negeri.

Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Kado Istimewa Buat Kita
Foto: Dok.Kemenlu

Baca Juga: Indonesia Pimpin Sidang PBB, Ruang Sidang Dipenuhi Beragam Motif Batik

Mengingat 10 hari lagi kita akan memperingati hari Sumpah Pemuda, momen ini juga kita harapkan dapat menjadi salah satu sumber motivasi bagi segenap bangsa Indonesia yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami beragam dinamika demokrasi di masyarakat.

Saya meyakini bahwa para tokoh bangsa yang terlibat dalam menyusun dan mendeklarasikan Sumpah Pemuda tidak menginginkan adanya perpecahan, namun sebaliknya mengimpikan terwujudnya persatuan bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai Duta Besar RI yang bertugas di wilayah Pasifik, saya memiliki catatan khusus tentang banyaknya pandangan negatif yang datang dari sejumlah pihak yang sengaja memojokkan nama Indonesia. Kita semua melihat bagaimana para oknum ini memanfaatkan insiden yang terjadi di Papua. Meskipun Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan  Pak Jokowi telah menawarkan solusi dengan cara yang bermartabat, namun seringkali masih terdapat tuduhan pelanggaran HAM dan kejahatan kemanusiaan lainnya sebagaimana yang dihembuskan oleh Veronika Koman dan rekan sejawatnya, termasuk satu negara di Pasifik, yang getol menginginkan Papua terpisah dari Indonesia. 

Indonesia Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Kado Istimewa Buat Kita
Foto: Instagram @Tantowiyahya

Namun syukur Alhamdulillah, dunia tidak terpengaruh oleh kabar bohong tersebut dan tetap menaruh kepercayaan penuh kepada Indonesia.

Sebagai penutup, saya ingin mengajak seluruh saudari dan setanah air bahwa di balik kebanggaan terpilih sebagai Dewan HAM PBB, tentunya kita menyadari bahwa ini merupakan amanah yang wajib kita tunaikan. Hal ini sungguh awal yang bagus bagi Pemerintahan Indonesia baru di bawah Pak Jokowi-Makruf Amin, untuk terus memimpin kemajuan Indonesia di masa mendatang. 

Tantowi Yahya: Duta Besar RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan Kerajaan Tonga

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait