Foto : Istimewa

Komunitas Rumah Pencerah Berbagi Kiat Peran Ibu Muda

Ceknricek.com -- Komunitas Rumah Pencerah (KRP) menggelar Bincang KRP bertajuk "Merancang Keluarga Masa Depan". Dua sosok ibu penggerak yang hadir sebagai pembicara adalah Fery Farhati, seorang parent educator yang juga istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Puty Karina Puar, ibu muda yang berprofesi sebagai ilustrator, blogger, dan penulis.

Bertempat di Ruang Komunal Facebook Indonesia, One Pacific Place, Jakarta, Senin (15/4), KRP mengajak generasi muda untuk mempersiapkan diri dalam membangun keluarga masa depan.

Keluarga adalah unit terkecil dari tatanan masyarakat. Data yang dikeluarkan BPS tahun 2018, menunjukkan keharmonisan keluarga menempati indeks 80.05, tertinggi jika dibandingkan dengan 19 indikator penyusun indeks kebahagiaan lainnya. Data tersebut menunjukkan bahwa keluarga memiliki peranan penting dalam kehidupan dan pembangunan sumber daya manusia.

Sumber : Istimewa

Fery Farhati, pembicara pertama Bincang KRP menyampaikan pentingnya membangun visi keluarga. “Tidak hanya didasari oleh kecenderungan perasaan terhadap pasangan, membangun keluarga juga perlu persiapan yang matang. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan agar kelak keluarga kita memiliki lingkungan yang baik untuk tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Fery menambahkan, prinsip yang selalu dipegang dalam keluarga adalah intellectually growfinancially sound, dan socially impactful. Sosok Ibu sebagai penggerak di dalam rumah tangga juga harus punya dampak untuk lingkungan. Interaksi positif yang dibangun dengan lingkungan sekitar akan membuat keluarga menjadi lebih luwes, mudah beradaptasi, dan memiliki ketahanan yang baik ketika dihadapkan pada masalah.

Pembicara kedua Bincang KRP, Puty Karina Puar, membagikan kiat menjaga keseimbangan peran bagi ibu yang memilih bekerja dari rumah. “Penting sekali berpikir ke depan dan memiliki visi yang disepakati di keluarga untuk menjadi dasar kita dalam membagi waktu, fokus, dan energi,” ungkapnya.

Sebagai bentuk ajakan agar generasi muda membangun keluarga yang juga mencintai bumi, Fery Farhati membagikan Kotak #AksiHidupBaik kepada beberapa peserta. Kotak tersebut berisikan beberapa produk seperti sabun organik, scarf ecoprint, sedotan stainless, botol minum, dan beberapa produk lainnya yang ramah lingkungan.

Fery berharap, akan lahir keluarga-keluarga masa depan yang selalu melibatkan keberlangsungan alam dalam pengambilan keputusan di keluarga. Bincang KRP kali ini terselenggara sebagai rangkaian acara menuju Ibu Kota Award di penghujung tahun 2019.



Berita Terkait