Kukuhkan Anggota DKJ, Anies: Terus Munculkan Karya Berkelas Internasional | Cek&Ricek
Foto: Joel Taher/DKJ

Kukuhkan Anggota DKJ, Anies: Terus Munculkan Karya Berkelas Internasional

Ceknricek.com -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaksanakan  pengukuhan anggota Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode 2020-2023 pada Kamis (10/9/20).

Pengukuhan dilakukan di dua tempat, secara daring dan luring di  Planetarium Jakarta serta Gedung Balai Kota Jakarta dimpimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pelantikan para seniman untuk memperkuat ekosistem kesenian di Jakarta itu mengacu pada SK Gubernur No. Ib. 3/2/19/1968 dan Keputusan Gubernur No. 83 Tahun 2020 tentang Pembentukan Anggota Dewan Kesenian Jakarta.

“Dengan pengukuhan ini pastinya membawa semangat kebaruan yang berdampak pada kemajuan kesenian dan kebudayaan di DKI Jakarta. Pemprov  berharap DKJ terus memunculkan karya- karya berkelas Internasional,” ucap Anies saat melantik anggota DKJ.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana juga memberikan selamat serta dukungannya kepada anggota Dewan Kesenian Jakarta periode 2020-2023.

Baca juga: PSBB Total, Anies Hanya Izinkan Tempat Ibadah di Permukiman

“Sampaikan hal-hal yang harus menjadi catatan kami agar dapat mengakomodir kebutuhan dan keperluan untuk pemajuan kesenian dan kebudayaan Jakarta,” ucap Wardhana.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Jakarta periode 2020-2023 terpilih, Danton Sihombing  menyampaikan, bahwa seluruh anggota Dewan Kesenian Jakarta akan memberikan sumbangsih pemikirannya untuk pemajuan kesenian di Jakarta.

“Kami akan bergerak dalam koridor penguatan ekosistem kesenian guna membangun interkoneksi dan interdependensi antar gugus ekosistem kesenian di Jakarta. Selain itu juga, akan mendorong implementasi program kesenian dan advokasi yang mencakup elemen komunitas, infrastruktur, dan data,”kata Danton Sihombing.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (11/9/20) Dewan Kesenian Jakarta periode 2020-2023 terdiri dari 30 anggota dan 3 Ex-Officio yang terdiri dari Kepala Bidang Pembinaan, Kepala Bidang Pemanfaatan, dan Kepala UPPKJ TIM. Seniman dan pekerja seni tersebut terbagi dalam enam komite, yakni film, musik, tari, sastra, seni rupa, dan teater.

BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait