Rocky Gerung: Investor Kabur Karena 59 Negara Mengunci Indonesia | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Rocky Gerung: Investor Kabur Karena 59 Negara Mengunci Indonesia

Ceknricek.com—Serangan Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Perekonomian terhadap Anies Baswedan lantaran menarik ‘rem darurat’ di Jakarta, menuai kritik keras dari Rocky Gerung.

Rencananya, Senin (14/9/20) besok, Anies kembali menerapkan PSBB total. Hal itu karena kapasitas rumah sakit sudah hampir penuh. Tapi pernyataan Anies ini dibantah Airlangga. Pemerintah, menurut Airlangga, akan menambah ruang rawat.

Rocky pun menuduh, kalau pemerintah mau menambah jumlah kamar rawat,ini artinya Airlangga ingin agar kasus corona semakin bertambah.Padahal, menurut Rocky, Anies hanya menerjemahkan keinginan presiden. Yaitu menomorsatukan kesehatan. Ekonomi ditunda.

“Ini mungkin yang menambah pusing Airlangga. Artinya aturan-aturan harus ditunda.Undang-undang covid dihentikan. Jadi Airlangga tidak bisa melihat masalah secara utuh. Padahal proposal Anies yang paling lengkap.Dari awal mengajukan lockdown. Tapi karena permainan isu pencitraan dari Merdeka Utara, jangan sampai  ada matahari terbit dari Merdeka Selatan. Maka dikasih awan tebal itu yang berlangsung sampai sekarang,”kata Rocky saat jadi bintang tamu di program Sarita (Sarinya Berita) di RealitaTV.

Terkait kemarahan Airlangga yang menuduh kebijakan Anies membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jatuh, Rocky menjelaskan tidak ada hubungan antara PSBB dan anjloknya IHSG. Hal ini lantaran IHSG itu komposit dari berbagai macam persepsi ekonomi maupun politik.

“Jadi IHSG bukan karena ucapana Anies. Ada ucapan menteri perekonomian untuk memaksakan dewan moneter dan itu sinyal buruk buat investor. Karena investor menganggap itu berarti rasionalitas ekonomi akan ditentukan oleh keputusan presiden. Bukan lagi oleh sinyal nilai tukar yang seharusnya independen,”terang Rocky.

Menurut Rocky, dunia melihat Indonesia dalam kekonyolan silih berganti.Kalau Anies dibilang penyebab IHSG anjlog, mestinya Airlangga terangkan apa hubungannya PSBB dengan IHSG. Rocky menyebut, dari awal potensi dropnya sudah terlihat.Ada ketidakpercayaan pasar terhadap independensi Bank Indonesia. Investor kabur karena 59 negara sudah mengunci Indonesia.

“Ini yang lebih masuk akal,”ujar Rocky.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait